Selasa, 05 Juni 2018

Apakah Kita Dapat Menciptakan Mesin Waktu?

Tags

Pernahkah kamu melihat salah satu adegan film di mana terdapat orang yang melakukan perjalanan waktu melalu mesin waktu?

Atau seperti contoh adalah anime steins;gate, di mana pemeran utama bersama teman-temannya telah menciptakan mesin waktu dan menemukan bahwa mesin waktu berbahaya.

Mesin waktu adalah suatu mesin yang dapat melakukan perjalanan waktu, entah itu ke masa depan maupun ke masa lalu.

Konsep mesin waktu itu sendiri dipopulerkan oleh adanya novel berjudul "The Time Machine" yang ditulis oleh pengarang asal inggris, Herbert George Wells.

Buku tersebut dipublikasikan pada tahun 1895;

Tapi, yang jadi pertanyaan di sini adalah, apakah kita mampu menciptakan mesin waktu?


Cara Membuat Mesin Waktu

Apakah ada cara untuk membuat mesin waktu?
Tentunya kita mengacu pada kajian ilmiah sampai sekarang, justru saat ini ilmuwan telah mengatakan bahwa menciptakan suatu mesin waktu yang dapat memundurkan waktu atau maju ke masa depan itu mustahil.

Dikatakan mustahil karena seperti yang kita ketahui, kita melihat dengan cahaya, waktu juga tercipta karena dimensi dan cahaya ikut andil di dalamnya.

Coba bayangkan, alam semesta tidak memiliki cahaya, kita tidak akan pernah bisa melihat, dan waktu atau bahkan alam semesta itu sendiri tidak akan pernah ada.

Nah, masuk ke pembahasan.

Relativitas Umum dan Relativitas Khusus Einstein

Dalam postulat yang dikemukakkan Albert Einstein, fisikawan terkenal pada masanya yang mengubah dunia.

Jadi pada dasarnya adalah seperti ini;

Ada sebuah lingkaran, katakanlah di lingkaran tersebut gravitasinya berbeda (sangat besar) dari tempat kamu berdiri sekarang, kamu sedang berada dengan teman kamu. Nah, kamu memasukin lingkaran tersebut, apa yang terjadi?
Ketika ada gravitasi yang sangat besar menarik kamu, maka besar kemungkinan kamu kana mengalami distorsi ruang dan waktu yang menyebabkan cahaya di tempat kamu tertangkap dan kamu menjadi lebih muda daripada teman kamu.

Kasus ini juga sama benarnya dengan salah satu adegan film di Interstellar (2014), di mana saat itu Romily stay di luar angkasa, sementara yang lain seperti Cooper beserta krunya berada di suatu planet yang memiliki gravitasi sangat besar.

Ingat kan, dalam film tersebut juga disebutkan "1 jam di sana = 8 tahun di bumi. Jadi, jangan buang-buang waktu."

Nah hal itu berlaku sesuai dengan teori relativitas umum einstein. Di mana ruang dan waktu kamu akan terikat oleh gravitasi dan menyebabkan dilatasi waktu.

Hal ini seperti yang sudah saya tulis dalam artikel reartisa: Teleskop adalah Mesin Waktu

Lanjut ke dalam relativitas khusus, kalau dalam relativitas umum faktor utamanya adalah gravitasi nah beda ceritanya dengan relativitas khusus.

Dalam relativitas khusus, yang menjadi faktor utama adalah kecepatan.

Saya kasih lagi suatu studi kasus;

Kamu berada di suatu kereta antah berantah yang memiliki kecepatan sangat cepat, sekitar 560 km/s (misalnya), nah kereta tersebut di bangun di Bumi, cuma kau yang menaiki kereta tersebut sementara orang lain tidak.

Setelah 10 tahun menaiki kereta tersebut, kamu akan mengalami perubahan waktu (dilasi waktu), yang mana akan menyebabkan kamu berada di masa depan.

Jadi timelinenya seperti ini:
Kereta: 10 tahun beroperasi
Bumi : 5 tahun lebih lambat dari kereta tersebut.

Pada akhirnya partikel cahaya yang sampai akan berubah juga dan waktu akan berubah. Kamu akan menyadari kalau kamu berada di masa depan. 5 tahun lebih lambat soalnya.

Kurang lebih seperti itu gambarannya.

Jadi, kesimpulannya, apakah kita dapat menciptakan mesin waktu? Secara ilmiah, tidak.

Tapi, dengan konsep seperti ini saja sudah terhitung sebagai suatu alat yang dapat kita katakan mesin waktu.

Mungkin nanti di masa depan, kita akan mengetahui bahwa waktu dapat dimanipulasi layaknya film science fiction (Sci-Fi) di mana karakter utama dapat kembali ke masa lalu dan kembali lagi ke masa depan.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk keep questioning.




Artikel Terkait

Tertarik dengan hal-hal misteri dan astronomi
vi veri universum vivus vici
By the power of truth, I, while living, have conquered the universe.

gunakan formulir komentar dengan bijak, jangan promosi tanpa seizin owner
EmoticonEmoticon