Senin, 04 Juni 2018

Pernahkah Kamu Mengalami Tertidur Tanpa Sadar? Ini Jawabannya

Pernahkah kamu mengalami pengalaman di mana kamu tertidur namun tidak menyadarinya? Jika memang demikian pernah terjadi, maka kamu baru saja mengalami microsleep.

Apa itu microsleep? Microsleep merupakan suatu kondisi di mana kamu tertidur namun tidak menyadarinya dengan betul karena otak kamu sedang kelelahan, bergerak tanpa sadar.

Nah, ketika kamu terbangun, kamu juga tidak akan teringat apakah kamu baru saja mengalami ketiduran, tapi kebanyakan orang pada akhirnya menyadari bahwa mereka baru saja tertidur tanpa sadar.

tertidur saat berkendara
tertidur saat berkendara itu bahaya loh!

Bagaimana cara microsleep bekerja?

Biasanya—bergantung pada biasanya. 

Kamu pasti pernah melakukan begadang seharian yang membuat otak kamu begitu lelah akibat banyaknya kerjaan yang menumpuk dan menguras tenaga otak.

Otak pada akhirnya akan kehabisan energi, nah disaat otak kehabisan energi, kamu tanpa sadar akan tertidur.

Di tempat manapun, yang bahkan kamu tidak akan pernah tau kapan otak kamu akan mulai tertidur separuhnya.

Karena terkadang, beberapa bagian dari otak kamu tertidur disaat kamu bangun—setelah melakukan begadang seharian dan kelelahan tentunya.

"Saat kita mulai mengantuk, kamu tidak akan bisa fokus, membuat perhatian kamu kalang kabut dan menjadi kesalahan," jelas Dr. Chiara Cirelli dari University of Wiconsin. Itu dikarenakan otak kamu sedang tertidur separuhnya.

Ketika seseorang mulai mengantuk, mereka akan kehilangan kesadaran selama beberapa detik dan fenomena tersebut dinamakan "microsleep." Biasanya terjadi saat kamu sedang menonton film, membaca buku, mendengarkan penjelasan, atau bahkan saat menyetir.

Bisakah tertidur tanpa menyadari?

Tentu saja bisa. "Tidur harus setidaknya berdurasi semenit atau 2 menit untuk otak agar dapat mengingatnya," kata Prof. Jim Horne, Direktur dari Loughborough University's Sleep Research Centre.

Seperti yang kamu ketahui, terlalu berbahaya apabila mata kamu kantuk tetapi kamu tetap memaksakan untuk mengemudi atau mengoperasikan alat-alat berat.

Yang ada kamu hanyalah menambah beban, bisa dimulai dari kecelakaan kecil hingga tragis.

Sudah banyak fakta yang mendukung bahwa, antara tahun 2011 hingga 2015, ada lebih dari 4.000 kecelakaan mobil akibat kurang tidur di Amerika Serikat.

Tolong jagalah kesehatan dan perbaiki kualitas tidurmu, selalu tidur yang cukup ya teman-teman.

Itu saja artikel yang dapat saya sampaikan pada kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk keep questioning.

Artikel Terkait

Tertarik dengan hal-hal misteri dan astronomi
vi veri universum vivus vici
By the power of truth, I, while living, have conquered the universe.

gunakan formulir komentar dengan bijak, jangan promosi tanpa seizin owner
EmoticonEmoticon